Rabu, 21 Maret 2018

ANALISIS VISI MISI PERUSAHAAN


LATAR BELAKANG 
Dalam membangun masa depan organisasi, perlu ditetukan terlebih dahulu apakah organisasi akan berusaha (Misi Organisasi). Dengan demikian  misi organisasi merupakan capaian yang ingin diraih untuk membawa organisasi mewujudkan masa depannya. Setelah ditentukan misi organisasi, langkah berikutnya adalah menggambarkan kondisi organisasi dimasa depan yang akan diwujudkan (Visi Organisasi). Visi dan misi dapat juga menjadi sumber inspirasi dalam mengembangkan kerja, inovasi, kreativitas dan semangat kerja. Sebuah lembaga yang semua kinerjanya didasarkan pada visi dan misi yang telah disusun, maka lembaga tersebut akan terarah, terfokus dan terukur termasuk di dalamnya visi dan misi dalam kehumasan. Sebaliknya, lembaga yang tidak didasarkan pada visi dan misi ataupun sudah ada visi dan misi tetapi tidak dipahami oleh anggotanya, maka lembaga tersebut bisa tidak terarah dan tidak berjalan dengan baik (Machali & Hidayat, dalam Purnomo, 2015).

VISI DAN MISI 
PT INFOFOOD

VISI
Menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk dikonsusi dan menjadi pemimpin di industri makan.
MISI
Menjadi perusahaan transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri makanan.

PT ASTRA INTERNATIONAL Tbk
VISI
Menjadi dealer otomotif  yang terbaik di Indonesia melalui proses dan layanan pelanggan yang bertaraf internasional.
MISI
1. Memberikan layanan terbaik kepada pelanggan
2. Mencapai pangsa pasar nomor 1 untuk kendaraan Toyota
3. Menyediakan lingkungan kerja yang aman dan baik bagi karyawan
4. Menciptakan nilai tambah ekonomis yang positif bagi shareholders


BPJS KESEHATAN
VISI
Terwujudnya jaminan kesehatan (JKN-KIS) yang berkualitas dan berkesinambungan bagi seluruh penduduk indonesia pada tahun 2019 berlandaskan gotong royong yang berkeadilan melalui BPJS kesehatan yang handal, unggul dan terpercaya.
MISI
  1. Meningkatkan kualitas layanan yang berkadilan kepada peserta, pemberi layanan kesehatan dan pemangku kepentingan lainnya melalui sistem kerja yang efektif dan efisien.
  2. Memperluas kepesertaan JKN-KIS mencakup seluruh Indonesia paling lambat 1 Januari 2019 melalui penigkatan kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan dan medorong partisipasi masyarakat serta meningkatkan kepatuhan kepesertaan.
  3. Menjaga kesinambungan program JKN-KIS dengan mengoptimalkan kolektibiltas iuran, sistem pembayaran fasilitas kesehatan dan pengelolaan keuangan secara transparan dan akuntabel.
  4. Memperkuat kebijakan dan implementasi program JKN-KIS melalui peningkatan kerja sama antar lembaga, kemitraan, koordinasi dan komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan. 
  5. Memperkuat kapasitas dan tata kelola organisasi dengan didukung  SDM yang profesional, penelitian, perencanaan dan evaluasi, pengelolaan proses bisnis dan manajemen resiko yang efektif dan efisien serta infrastruktur dan teknologi informasi yang handal. 

ANALISIS VISI MISI
1.      PT INDOFOOD
  • Spesifik: Visi dan misi sudah jelas. Dimana PT Indofood ini fokus pada industri makanan, sudah menjadi pemimpin di industri makanan dan sudah membawa nama Indonesia di dunia dalam bidang industri makanan.
  • Measurable: ukuranya dari kepuasan konsumen terhadap produknya, selalu berinovasi khususnya selera konsumen.
  • Attainable: cara mencapainya sudah sangat jelaas.
  • Reservable: sangat beralasan karena Indofood ini dibangun untuk memenuhi tuhan pangan konsumen.
  • Timely: sudah jelas dan dalam waktu yang selamanaya fokus di industri makanan.


2.      ASTRA INTERNATIONAL
  • Spesifik: visi dan misi sudah sangat jelas. Dimana PT Astra ini fokus pada dealer otomotif kendaraan Toyota yang baik dan bertaraf internasional.
  • Measurable: ukuran dari PT Astra ini adalah memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan, lingkungan yang nyaman dan aman bagi karyawan dan bertaraf internasional.
  • Attainable: cara pencapaian visi dan misinya sudah sangat jelas.
  • Reservabe: PT Astra Internasionl ini dibuat sangat beralasan karena ingin menjadi nomor 1 untuk kendaraan toyota yang mengutamakan pelayanan terbaik kepada pelangganya dan bertaraf internasional.
  • Timely: Kurang jelas. Dimana sekarang banyak bermunculan dealer yang lebih bagus dan berftaraf international.

3.      BPJS
  • Spesifik: sudah memperluas kepesertaan BPJS. Namun tidak transparan dan informasi yang disampaikan tidak tersebar secara luas di Indonesia.
  • Measurable: BPJS tersebar keseluruh masyarakat Indonesia secara merata dan adil, meningkatnya kerjasama dari berbagai pihak untuk meningkatkkan BPJS,  
  • Attainable: belum jelas.
  • Reservable: sangat beralasan karena kartu BPJS sangat membantu kepada masyarakat yang kurang mampu dalam membeli obat.
  • Timely: sangat jelas. Dimana pada tahun 2019 sudah terwujudnya jaminan kesehatan yang berkualitas.



DAFTAR PUSTAKA
Purnomo, S. (2015). Pengembangan sasaran, visi dan misi hubungan masyarakat di lembaga pendidikan berbasis kepuasan pelanggan. Jurnal Kependidikan, 3, 52-69.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar