Rabu, 02 Mei 2018

Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Oleh Perusahaan Jamu PT Sido Muncul Semarang

PT Sido Muncul merupakan perusahaan jamu yang bergerak dibidang farmasi (herbal), artinya bahwa PT Sido Muncul dalam menjalankan kegiatan usahanya di bidang atau berkaitan dengan sumber daya alam. Maka, PT Sido Muncul wajib melaksanakan CSR sesuai dengan yang diamanatkan dalam pasal 74 ayat (1) Undang Undang Perseroan Terbatas.

Bentuk-bentuk dari tanggungjawab sosial perseroan yang dilakukan PT Sido Muncul Semarang untuk masyarakat adalah:
1. Desa rempah: meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik pelaku usaha maupun masyarakat sekitar.
2. Operasi katarak gratis: kegiatan ini dilatarbelakangi karena penderita katarak di Indonesia masih sangat tinggi terutama dari golongan masyarakat kurang mampu.
3. Pemeriksaan dan pemberian kacamata gratis untuk siswa SD
Bekerjasama dengan PERDAMI dan Dinas Pendidikan sejak tahun 2013, PT Sido Muncul melakukan pemeriksaan mata untuk siswa sekolah dasar di Semarang, Yogyakarta dan sekitarnya. Khususnya para siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu. Pada tahun 2014 kegiatan ini diperluas ke Surabaya dan kota-kota lainnya. Para siswa diberikan bantuan kacamata gratis bila hasil pemeriksaan mendeteksi adanya gangguan mata/infeksi seperti rabun jauh.
4. Mudik gratis
Bermula dari keinginan untuk memberikan penghargaan kepada para penjual jamu menjelang hari raya Idul Fitri. Kemudian melihat adanya permasalahan yang dihadapi penjual jamu saat lebaran, yaitu kesulitan mendapatkan sarana transportasi mudik yang aman dan nyaman. Program ini sejak 1991 hingga sekarang.
5. Sido Muncul Tanggap Bencana
Kegiatan untuk membantu masyarakat yang sedang tertimpa musibah seperti bencaa banjir, tanah longsor, gunung meletus dan kebakaran. Sido muncul membantu dengan cara memberikan obat, bahan makanan dan sejumlah uang.
6. Pemberian beasiswa untuk pelajar
Kegiatan ini sudah berlangsung di SD Desa Diwak yang berjumlah 122 anak tiap tahunnya dengan diberikan bantuan pendidika utuk membeli keperluan sekolah.

Dalam menerapkan implementasi CSR di PT Sido Muncul terdapat tahapan-tahapan sebagai berikut:
1. Tahap perencanaan: memberikan pedoman bahwa korporasi bukan sebagai entitas yang mementingkan diri sendiri saja. Tahapan ini bersifat upgade.
2. Tahap implementasi: perlu adanya pihak ketiga yaitu direksi sebagai pelaksana tanggungjawab sosial dan lingkungan, serikat pekerja dan masyarakat agar dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.
3. Tahap evaluasi: kegiatan yang sudah dilaksanakan setidaknya dalam kurun satu tahun akan dievaluasi satu per satu dari semua program yang telah dilaksanakan. Proses ini melibatkan dua pihak yaitu pihak manajemen dan serikat pekerja.

Kendala:
- Eksternal perusahaan: regulasi mengenai pelaksanaan CSR yang masih kabur dan belum jelas, adanya pro kotra dengan berdirinya PT Sido Muncul di daerahnya, tumpang tindih program CSR dengan perusahaan lain dan adanya dugaan pencemaran lingkungan yang membuat masyarakat tidak percaya terhadap Sido Muncul.
- Internal perusahaan: pemahaman mengenai pelaksanaan CSR antar pemangku kepentingan berbeda-beda dan kemampuan finansial dari PT Sido Muncul untuk menjalankan programnya.


Sumber
Ayuning., Aminah., & Setiawati, T. W. (2016). Implementasi corporate social responsibility (CSR) oleh perusahaan jamu PT Sido Muncul Semarang. Diponegoro Law Journal, 5, 1-12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar